Friday, January 11, 2008

Totto-chan, beruntungnya kamu ..


Ada yang sudah pernah baca novel Totto-chan - Gadis Cilik di Jendela belum? Saya baru selesai baca pengalaman masa kecil dari pengarangnya Tetsuko Kuroyanagi ini di masa sebelum PD-II, dan saya bisa ketawa dan nangis terharu dengan kepolosan dan ketulusan hatinya.

Totto-chan, panggilan sayangnya Tetsuko, adalah seorang anak kelas 1 SD yang ’terpaksa’ dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap terlalu mengganggu ketenangan kelas dengan ide-2nya yang ’aneh’, contohnya : Totto-chan kagum dan takjub sekali dengan mejanya yang bisa dibuka-tutup, jadi dia bolak-balik membuka-dan-menutup tutup mejanya itu berulang-ulang dengan bunyi yang keras sehingga menganggu ketenangan kelasnya, kemudina gurunya mencoba menerangkan kalau dia hanya boleh membuka-dan-menutup mejanya kalau ada benda yang mau dimasukan atau dikeluarkan ke dalam mejanya, and guess what .. ? Totto-chan mulai melanjutkan menulis di bukunya, tapiii baru selesai menulis satu huruf, dia membuka mejanya dan meletakkan buku, pensil dan penghapusnya, kemudian menutupnya lagi dengan gaya, setelah itu langsung membukanya lagi dan mengeluarkan isi mejanya tadi, kemudian dia menulis SATU HURUF lagi .. dan membuka lagi mejanya untuk menyimpan semua perlengkapannya tadi kemudian menutupnya .. dan membukanya lagi untuk mengambil semuanya .. begitu berulang-2 sampai gurunya senewen .. setelah bosan, dia beranjak ke arah jendela dan mulai menatap keluar kelas yang kebetulan tidak jauh dari jalan umum, gurunya berpikir “selama dia tidak ribut dan mengganggu kelas, biar sajalah dia di jendela terus .. “, tak lama kemudian terdengar Totto-chan berteriak memanggil pemusik jalanan yang lewat di dekat jendelanya dan menyuruh mereka bermain musik disitu! Akhirnya, terpaksa gurunya memanggil mamanya dan berkata bahwa mereka tidak sanggup mengajar Totto-chan disana .. Untungnya, mama Totto-chan adalah seorang mama yang berusaha mengerti anaknya, jadi dia tidak marah pada Totto-chan, dan tidak memberitahunya kalau dia sebenarnya dikeluarkan dari sekolah!
Akhirnya setelah mencari2, mama mengajak Totto-chan ke suatu sekolah yang ruangan kelasnya adalah gerbong-2 kereta .. wuuuiiihhh .. Totto-chan sampai takjub luar biasa, soalnya dia seneng banget naik kereta, jadi mambayangkan dia akan bersekolah di atas kereta itu benar2 hal yang menakjubkan buat dia, kemudian mereka menghadap pak Kobayashi, sang pendiri dan Kepala Sekolah itu untuk menanyakan apakah Totto-chan dapat diterima bersekolah disitu, tidak ada test atau pertanyaan-2 yang diajukan pada Totto-chan, dia hanya disuruh menceritakan apa saja yang dia suka dan dia mau ceritakan! Totto-chan heran tapi dengan semangat dia bercerita apa saja, benar-benar apa saja, sampai-2 dia kehabisan cerita! dan selama dia bercerita tidak tampak sedikitpun rasa bosan atau tidak tertarik dari Pak Kobayashi, dia mendengarkan dan mengomentari cerita Totto-chan dengan sangat perhatian .. Setelah kehabisan cerita, Pak Kepala Sekolah berkata ’sekarang saatnya makan siang’ .. berarti Totto-chan sudah bercerita selama kira2 4 jam!
Ada hal yang sangat menarik buat saya yaitu : Pak Kepala Sekolah selalu mengadakan ritual sebelum makan siang dengan mengecek apakah anak-2 membawa ’sesuatu dari laut dan sesuatu dari gunung’, yang maksudnya anak-2 harus memakan makanan dari laut seperti ikan, udang,dll dan juga sesuatu dari gunung atau daratan, yaitu sayur, daging, buah, dll, dan kalau ada yang lupa membawa salah satunya, maka istrinya selalu siap disampingnya sambil membawa 2 buah wajan yang berisi masing-2 ’sesuatu dari laut’ dan ’sesuatu dari gunung’ .. maka anak-2 selalu semangat untuk mengetahui apakah bekalnya sudah ‘memenuhi’ syarat itu dan penasaran pada bekal apa yaa yang dibawa temannya ?? Kemudian sambil mengecek, Pak Kobayashi juga menjelaskan tentang asal makanan-2 itu, apa bahan-2nya dan bagaimana cara pembuatannya .. jadi anak-2pun belajar sambil makan ! wow .. benar-2 pendidik ulung!
Banyak sekali ajaran-2 Pak Kobayashi yang sangat sederhana dan mudah diaplikasikan oleh anak-2 muridnya, misalnya bagaimana menggali minat anak dalam belajar, sebelum mulai pelajaran maka guru akan menanyakan pelajaran apa yang mau dipelajari anak-2 lebih dulu, maka masing-2 anak menyebutkan keinginan masing-2, jadi di dalam kelas anak-2 mulai melakukan hal yang mereka sukai, ada yang menggambar, membuat prakarya, melakukan percobaan fisika, bermaik musik, dll, tapi anehnya tidak ada satupun yang merasa terganggu oleh aktivitas anak lainnya, jadi selain belajar sesuai minat mereka juga belajar berkonsentrasi!
Hampir semua kegiatan yang dilakukan di Tomoe mengandung unsur pendidikan, ada Hari Olah Raga - lomba-2nya bukan merupakan permainan yang umum, dan dimenangkan secara mutlak oleh seorang anak yang menderita polio ! Koq bisa? ternyata semua permainnanya itu memang dirancang oleh Pak Kepala Sekolah untuk dapat dilakukan dengan mudah oleh si Takahashi itu, untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya ! Benar-2 brilian sekali Pak Kobayashi ini .. otaknya sangat kreatif untuk memikirkan metode pendidikan yang benar-2 bisa merangsang minat dan kemampuan anak ! Walaupun ada beberapa orang tua anak yang kurang setuju dengan caranya dan memindahkan anaknya - sementara anak-2 meronta-ronta dan menjerit-2 tidak mau dipindahkan dari Tomoe - tapi banyak juga orang tua yang senang dengan hasil pendidikan di Tomoe, salah satunya mama Totto-chan.
Pokoknya, di Tomoe semua anak merasa senang di sana bahkan rasanya tidak mau pulang, dan besok paginya rasanya ingin buru-2 ke sekolah lagi, kalau bisa tidak pernah libur ! Bayangkan .. dimana ada sekolah yang bisa memberikan begitu banyak energi positif dengan untuk murid-2nya seperti di Tomoe itu yah? Totto-chan beruntung sekali bisa mendapatkan pendidikan yang sangat hebat seperti itu, kalau tidak bertemu dengan seorang Pak Kobayashi belum tentu dia menjadi seseorang yang seperti saat ini, mungkin dia hanya akan menjadi seorang yang depresi, tidak sukses, tidak bahagia, karena dulu guru-2nya mencapnya sebagai anak nakal bukan anak kreatif !
Semoga kelak saya bisa bikin sekolah seperti itu dan tidak mahal !! sehingga bisa membuat anak-2 bersekolah dan belajar dengan hati senang bukan kepalang ! Tidak ada lagi masalah bangun pagi, mogok sekolah, tidak berpotensi, dll. Amiin ..

2 comments:

HADI KUNTORO said...

Wow..bener2 ulasan buku yang sangat hebat..! saya membaca detail pelan2 tulisan ini, dan saya banyak menemukan ilmu dan spirit dahsyat dari sinis..
Terima Kasih banyak Mbak Enny, saya berharap agar anda lebih banyak dan lebih rajin menulis..karena tulisan2nya baru start aja sdh lagnsung menarik

Salam Hangat..
Hadi Kuntoro
http://hadikuntoro.com

ENNY RAHMITA said...

Aduuhh .. saya jadi ge-er nih dipuji sama Raja Selimut .. thanks ya pak Hadi udah mau mampir dan kasih komentar buat tulisan saya yang masih culun .. semoga saya bisa menulis lebih baik lagi.